Senin, 10 September 2012

Dianggap Bodoh, Edison Temukan Listrik

Coba bayangkan saat ini jika tidak ada listrik di rumah kita. Mungkin semua kehidupan akan berubah. Tidak semenarik ini, kita tidak akan pernah merasakan indahnya warna-warni lampu di malam hari.
Adalah Thomas Alva Edison yang berinovasi menemukan bola lampu. Edison merupakan penemu ternama saat ini. Sepanjang hidupnya, ia telah menemukan tiga ribu inovasi. Diantaranya, lokomotf listrik, mikrofon, proyektor film, fonograf, dan kamera film. Tiga ribu inovasi adalah jumlah yang sangat luar biasa bagi peradaban manusia.
Edison dilahirkan di Ohio, Amerika pada 11 Februari 1847. Anak bungsi dari tujuh bersaudara dari pasangan Samuel Ogden, keturunan Belanda dan Nancy Elliot. Percaya atau tidak, innovator besar ini pernah dikeluarkan sekolahnya saat ia berusia 7 tahun. Ia baru saja tiga bulan belajar. Alasan dukeluarkannya karena Edison dinilai terlalu bodoh, tak mampu menerima pelajaran. Untung saja, sang ibu pernah menjadi guru kemudian mengajarkan Edison bagaiman menulis dan membaca juga berhitung.
Kunci sukses Edison bisa jadi berawal dari kegemaran membaca. Sewaktu kecil, ia rajin membaca berbgai jenis buku, puluhan ensiklopedi dilahapnya tanpa bosan. Pada usia 10 tahun, ia memulai dengan percobaan kecilnya. Ia berekpserimen dengan referensi dari buku percobaan elektro karya ahli kimia Inggris, Faraday.
Sukses menjadi innovator bukan berarti ia tidak melewati masa-masa yang sulit. Usia 12 tahun, ia sudah menjadi penjual Koran , pengasong kacang, permen dan kue ringan di stasiun kereta api. Ia sempat menerbitkan surat kabar Weekly Herald dan mencoba menjadi opetator telegraf. Karena mencari kehidupan yang lebih baik, ia berpeindah tenpat dari satu kota ke kota lain. Saat di New York, ia dimiba menjadi kepala mesin telegraf. Posisi ini cukup bergengsi dan membuatnya semakin rajin mencoba sesuatu dan membaca buku-buku yang ada.
Edison diam-diam mencuri waktu untuk melakukan eksperimen di laboratorium kecilnya. Saat itu, ribua kali percobaan ia lakukan untuk hasil yang sempurna. Dari percobaan satu ke percobaan lainnya, ia selalu mengganti cara yang tidak tepat untuk mendapatkan hasil yang sempurna. Istilah jenius adalah 99% adalah kerja keras sangat cocok untuk menggambarkan Edison.
Inovasi Edison tidak terhitung jumlahnya, namun inovasi paling punya pengaruh terhadap kehidupan manusia adalah lampu pijar, fonografi, aki, telegram, piringan hitam, kamera film serta proyektor. Dan, ia adalah penemu yang menyempurnakan penggunaan telepon.
Dalam catatannya, Edison sudah mempatenkan lebih dari seribu hasil inovasinya. Yang paling hebat pengaruhnya adalah lampu listrik, listrik dan gramophone juga kamera film. Penemuan ini memacu kebangkitan industri-industri besar dalam dunia kelistrikan, lalu rekaman dan film yang saat ini sertaus persen mempengaruhi manusia di belahan dunia manapun.
Masih ingat kapan Edison menemukan dan mengembangkan mesin perekam telegraph ? Saat itu ia baru berumur 21 tahun. Sangat muda, gak beda jauh sama Mark Zuckerberg, penemu facebook..Penemuan dalam bidang kelistrikan, Edison kemudian mendirikan perusahaan lampu listrik pertama di dunia pada tahun 1882.
Ternyata, Eduison juga punya banyak inovasi dalam bidang militer Amerika. Ia adalah innovator yang menemukan bagaimana mendeteksi pesawat terbang, menghancurkan periskop dengan senjata mesin, mendeteksi kapal selam, menghentikan torpedo, kapal kamuflase dan masih banyak lagi. Wow..
Sejarah mencatat, Edison adalah innovator terbesar dengan 3000 penemuan bahkan ia pernah menemukan 400 macam penemuan dalam waktu 13 tahun.
Ia wafat pada usia 84 tahun dan pada upacara pemakamannya pada 21 Oktober 1931 pukul 10 malam, pemerintah Amerika Serikat meminta mematikan lampu selama satu menit untuk memberikan penghormatan bagi Thomas Alva Edison.
Ksah inovasi Edison secara harafiah bisa diartikan sebagai pembaharuan terhadap sesuatu atau menemukan sesuatu yang baru. Kata inovasi juga sering digunakan dalam hal yang berkaitan dengan penemuan.
Nah, sebagai pengusaha dna pelaku bisnis, nampaknya penemuan-penemuan baru akan membawa pada tahapan yang lebih baru dalam menjalankan bisnis. Sudah saatnya melakukan penemuan-penemuan untuk mengembangkan usaha kita, mulai sekarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar