Rabu, 22 Februari 2012

Ragan dan Cara Perbanyakan Tanaman


Perbanyakan tanaman sering dilakukan oleh para penangkar tanaman, penjual bibit atau para hobi-is. Bertujuan menghasilkan tanaman baru sejenis yang sama unggul atau bahkan lebih. Caranya dengan menumbuhkan bagian-bagian tertentu dari tanaman induk yang memiliki sifat unggul.
Secara umum perbanyakan tanaman dapat dilakukan dengan tiga tehnik yaitu perbanyaka generatif, vegetati, dan generatif-vegetatif. Cara perbanyakannya sendiri dilakukan dengan cara menanam biji atau anakan, cangkok, stek, rundukan, menempel (okulasi) serta menyambung (Grafting).
Setiap tanaman memiliki cara perbanyakan yang berbeda dengan tanaman lainnya. Banyak faktor yang menentukan keberhasilan dalam melakukannya. Salah satunya adalah jenis tanaman itu sendiri. Sebagai contoh: tanaman sukulen seperti pisang hanya dapat diperbanyak dengan menanam anakannya atau dengan stek akar. Sementara itu, tanaman berbatang kayu seperti durian tidak dapat diperbanyak dengan anakan. Karena itu, sebelum melakukan perbanyakan tanaman harus disesuaikan antara cara perbanyakan tanaman yang digunakan dan jenis tanaman yang akan diperbanyak.
Tabel : Cara perbanyakan beberapa tanaman buah
Jenis TanamanCara Perbanyakan
BijiSetekCangkokOkulasiSambungSusuanAnakan
Alpukat*-+++--
Anggur-++--?-
Apel+-+++?-
Belimbing*-*+++-
Belimbing Manis*-++++-
Cempedak+-*+++-
Delima-++--?-
Duku*-*+++-
Durian*--+++-
Gandaria+-+++?-
Jambu Air-++----
Jamblang+--++?-
Jambu Biji+++++--
Jeruk+++++--
Kecapi+------
Kedondong Lokal+-****-
Kedondong bangkok+------
Kesemek---++?-
Keluwih+------
Leci+------
Lengkeng+--++?-
Mangga*-++++-
Manggis+---++-
Nangka+-*+++-
Nangka Mini+------
Nona+--++?-
Pepaya+------
Pisang------+
Rambutan*-++-+-
Salak+-----+
Sawo--+----
Sirsak--*+++-
Srikaya+--++?-
Keterangan:
+ Baik
- Tidak Baik (gagal)
* Kurang Baik
? Belum diketahui
Persiapan Melakukan Perbanyakan Tanaman
A. Pohon Induk
Pohon induk adalah tanaman yang dijadikan bahan awal untuk kegiatan perbanyakan tanaman. Pohon induk bisa berasal dari hasil persilangan (hibrida), bibit biji, atau hasil perbanyakan secara vegetatif. Bagian dari pohon induk yang digunakan untuk bahan perbanyakan tanaman bisa berupa biji, akark, batang atau pucuknya.
Syarat Pohon Induk
Pohon induk dipilih dari tanaman yang sudah jelas asal usulnya dan keunggulan sifatnya, baik dari segi pertumbuhan, kuantitas dan kualitas potensi produksi, maupun ketahanannya terhadap serangan hama dan penyakit. Semua kriteria ini harus terpenuhi karena akan memenuhi kualitas bibit perbanyakan yang dihasilkan.
Sangat tidak dianjurkan memakai pohon induk yang sakit karena kemungkinan besar bibit perbanyakan yang dihasilkan juga akan membawa penyakit dari pohon induk. Selain itu, pohon induk juga harus dijaga dari kemungkinan terjadinya penyerbukan silang dengan tanaman lain yang tidak jelas asal usul dan keunggulan sifatnya. Jika ini terjadi, bibit perbanyakan yang dihasilkan akan memiliki keragaman sifat yang tinggi, tetapi belum tentu semuanya bersifat unggul.
Untuk memperbanyak tanaman keras dan tanaman buah tahunan, pohon induk dipilih Abu Sa’id al-Khudri tanaman yang sudah berbuah sedikitnya lima kali agar diketahui secara pasti keunggulan sifat buahnya. Sementara itu, untuk memperbanyak tanaman sayuran dan buah-buahan berumur pendek seperti tomat, cabai, pepaya, melon dan semangka; pohon induk dipilih dari tanaman yang bersosok kekar, pertumbuhannya baik dan sehat.
Mendapatkan Pohon Induk
Mendapatkan pohon induk bukanlah pekerjaan yang sulit karena saat ini sudah banyak penangkar bibit dan toko pertanian yang menjualnya. Pohon induk yang dijual berasal dari tanaman varietas unggull nasional atau varietas komersial. Varietas unggul nasional adalah tanaman yang telah diakui keunggulan sifatnya oleh pemerintah, dan ditetapkan dengan surat keputusan menteri pertanian tentang pelepasan varietas. Contohnya mangga arumanis 143, Belimbing Dewi, Durian Montong, dan Avocad BM Lebak. Sementara itu, varietas komersial adalah tanaman yang telah dikenal keunggulan sifatnya di pasaran, tetapi belum disahkan oleh pemerintah sebagai varietas unggul. Contohnya, Durian Gajah dari Manado, Belimbing Tasikmadu dari Tuban, dan Duku Palembang.
Selain membeli dari penagkar atau toko pertanian, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan pohon induk.
a. Melakukan Eksplorasi
Eksplorasi adalah kegiatan melacak ke berbagai tempat yang diduga menjadi sentra tumbuhnya tanaman unggulan yang memenuhi syarat untuk dijadikan pohon induk. Prosesnya diawali dengan mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya tentang keberadaan tanaman yang dimaksud. Setelah informasi terkumpul, datangi lokasi untuk mengecek kebenarannya. Jika memang ada, dan kualitasnya benar-benar unggul, kita dapat membeli tanaman tersebut.
Informasi tentang keberadaan pohon induk dapat diperoleh dari media massa seperti koran, tabloid, atau majalah pertanian. Banyak jenis tanaman unggulan yang cocok dijadikan pohon induk dipublikasikan di media massa. Contohnya adalah durian bantal mas dari Sumatera Selatan dan Mangga Dodol asal Minahasa – Sulawesi Utara yang sekarang sudah ditetapkan sebagai varietas unggul nasional.
b. Arena Kontes atau Lomba
area kontes atau lomba merupakan ajang memperkenalkan dan mempromosikan tanaman berpotensi unggul yang dimiliki oleh masyarakat umum, penangkar, atau hobi-is. Cara ini banyak dilakukan oleh dinas-dinas pertanian di berbagai daerah untuk menjaring tanaman varietas unggul.
Biasanya tanaman yang dijadikan pemenang dikedua ajang ini disahkan dan dilepas oleh pemerintah sebagai varietas unggul nasional. Contohnya adalah durian petruk yang memenangi lomba durian yang digelar oleh dinas pertanaian kabupaten Jepara dan Belimbing Dewi yang memenangi lomba buang unggul yang digelar oleh Dinas Pertanian DKI.
c. Introduksi
introduksi adalah mendatangkan tanaman unggulan dari daerah lain atau dari luar negeri. Cara ini biasa dilakukan oleh para hobi-is yang ingin cepat mendapatkan pohon induk. Contohnya adalah si Otong dan Kani, dua jenis durian yang diintroduksi dari Thailand, dan sekarang menjadi durian unggul nasional contoh lain adalah lengkeng Pingpong dan Diamond River serta beragam jenis Aglaonema dan Adenium Hibrida yang juga berasal dari Thailand.
B. Bahan Tanam
Bahan tanam adalah bagian dari pohon induk yang digunakan untuk memperbanyak tanaman baik untuk perbanyakan secara generatif atau untuk perbanyakan secara vegetatif. Bahan tanam harus berasal dari pohon induk yang sehat dan telah diketahui silsilahnya, mudah dibiakkan, produktivitasnya tinggi, berbatang kekar, tumbuh normal serta memiliki perakaran yang kuat dan rimbun.
a. Bahan Tanamn untuk Perbanyakan Secara Generatif
bahan tanam yang digunakan adalah biji. Biji yang dipilih yang berukuran besar, bernas atau padat, warnanya mengkilap, bentuknya normal dan sempurna, serta segar dan sehat. Biji dengan spesifikasi seperti ini berasal dari buah yang tua atau matang pohon. Sementara itu, pemilihan juga harus disesuaikan dengan tujuan perbanyakan dan jenis tanamannya.
Untuk bibit bawah, biji dipilih dari pohon induk yang memiliki sifat unggul dalam hal fisik seperti mudah dibiakkan, memiliki perakaran yang kuat, banyak dan dalam, serta berbatang kekar dan normal. Selain itu, pohon induk juga harus tahan terhadap perubahan kondisi lingkungan, tahan serangan hama dan penyakit, gampang mengeluarkan buah dan berproduksi terus menerus, serta berbiji cukup besar dan banyak agar dapat digunakan sebagai bahan perbanyakan kembali.
Untuk pohon penghasil kayu seperti jati, mahoni, ulin dan nyatoh, biji dipilih dari pohon induk yang memiliki pertumbuhan tinggi, diameternya besar, batangnya tumbuh lurus, tajuknya normal sesuai karakter jenis, tahan serangan hama dan penyakit, mutu kayunya baik, umurnya cukup tua serta sudah pernah berbunga.
Untuk pohon penghasil makanan ternak, pupuk hijau atau untuk tanaman pagar hidup seperti lamtoro, biji dipilih dari pohon induk yang pertumbuhannya cepat, produksi daunnya tinggi, mudah diperbanyak secara vegetatif, tahan serangan hama dan penyakit, sosoknya pendek, serta tahan kering.
Untuk pohon penghasil buah, biji dipilih dari pohon induk yang pertumbuhannya baik, buahnya lebat dan besar, percabangannya pendek, umurnya cukup tua serta tahan serangan hama dan penyakit
Saat ini untuk beberapa jenis tanaman palawija, sayuran dan bunga potong sudah dapat dibeli di toko-toko pertanian. Biji-biji tersebut berasal dari produksi lokal seperti panah merah, kapal terbang, tuhu jogja, dan MGA atau produksi impor dari Known You Seed Taiwan dan taki’i Seed Jepang.
b. Bahan Tanam untuk Perbanyakan Secara Vegetatif
Bahan tanam untuk perbanyakan secara vegetatif sebaiknya berasal dari pohon induk yang telah diketahui silsilahnya, tingkat pertumbuhan, serta kualitas dan kuantitas produksi buahnya. Untuk stek, bagian vegetatif yang digunakan adalah batang, daun, akar atau umbi. Untuk cangkokan, rundukan, atau sambung susuan, bagian vegetatif yang digunakan adalah pohon induk secara keseluruhan. Sementara itu, bagian vegetatif yang digunakan untuk okulasi dan sambungan entres yaitu cabang yang diambildari bagian pucuk pohon induk.
Cabang entres harus dalam kondisi segar saat disambungkan atau ditempelkan di batang bawah. Oleh karena itu, setelah dipotong harus segera disambungkan atau ditempelkan di batang bawah yang telah disiapkan. Jika entres didatangkan dari lokasi yang berjauhan dengan lokasi batang bawah, diperlukan perlakukan khusus agar entres tetap segar.
Berikut ini langkah-langkah menjaga kesegaran entres:
Potong entres sepanjang 20-30 cm, lalu rompes seluruh daunnya untuk mengurangi terjadinya penguapan yang dapat menyebabkan entres kehilangan air sehingga menjadi keriput dan layu. Jika ini terjadi tingkat keberhasilan okulasi atau penyambungan akan berkurang.
Satukan entres dengan mengikatnya menggunakan karet gelang. Jumlah setiap ikatan 10-30 buah, sesuai dengan diameternya, kemudian perciki air agar kondisinya tetap segar
Bungkus ikatan entres dengan beberapa lapis tisu, kertas koran atau moss yang telah dibasahi air, kemudian bungkus dengan kantong plastik atau kantong kresek untuk menjaga agar lapisan tisu, kertas koran atau moss tetap lembab. Dengan perlakukan ini kesegaran entres dapat terjamin selama 2 x 24 jam.
Jika lokasi pengambilan entres sangat jauh, sebaiknya bungkusan entres dilapisi dengan pelepah pisang. Pelepah pisang mengandung banyak air dan rongga-rongga udara sehingga dapat menghambat masuknya panas dari luar ke bagian dalam entres. Jika diinapkan, letakkan entres di dalam ruang ber-AC tetapi jangan menyimpannya di dalam lemari pendingin karena dapat menyebabkan mata tunas entres mati. Kemudian entres dimasukkan ke dalam koper atau tas pakaian dan diletakkan di bagian paling atas agar tidak rusak atau patah tertindih pakaian dan barang-barang berat lainnya.
Posisi entres harus direbahkan agar cairan di dalamnya tidak turun karena bisa menyebabkan kulit batang entres mengerut sehingga sulit dikelupas. Saat pengangkutan, koper atau tas pakaian tempat menyimpan entres tidakn boleh diletakkan di dekat mesin atau dashboard karena bisa menyebabkan entres mati kekeringan akibat panas.
Perlu diperhatikan, jangan menyiram atau mencuci entres karena dapat mengundang bakteri patogen masuk ke dalam jaringan kayu sehingga menyebabkan entres membusuk. Jika terpaksa harus dicuci karena kotor atau terkena air hujan, sebaiknya entres dikeringanginkan terlebih dahulu sebelum dikemas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar